Pages


RSS

6/16/2010

Awalnya Skripsh*t,, Akhirnya Skripsweet ;)

Akhirnya selesaaii !!
Alhamdulillaahh.. Lega bgt saya :D
Akhirnya perjuangan saya selama beberapa bulan ini berbuah manis. Hihihi.. Sidang saya hari Rabu tgl 16 Juni 2010 sukses!

Saya mw ngucapin terimakasih utk semua teman-teman yg dgn baik hati mw mendukung & mendoakan saya. Dan saya yakin mereka jg pasti dpt hasil yg memuaskan :)
Orang pertama yg saya ingat begitu keluar dr ruang sidang yaitu Mama saya. Gimana g?! Beliau orang yg benar-benar luar biasa. Selalu ngasih support apapun yg saya hadapi. Saya yg mw ujian, beliau yg waswas, beliau jg yg doanya lebih kuat. I really love u Mom! :-*

Ok, saya mw berbagi tips & trick utk Anda yg mw sidang:

1. Persiapkan sidang sebaik yg Anda bisa. Baca ulang skripsi Anda, buat “ramalan” kira-kira point apa yg bisa jd bahan pertanyaan penguji, terus cari tw apa jawabannya. Ini sebaiknya dilakukan, walaupun yg terjadi di ruang sidang nanti tergantung keberuntungan. Kalo Anda beruntung, penguji g akan nanya yg aneh-aneh. But u have to prepare for the worst kan? :p

2. Waktu mempersiapkan materi utk sidang ini, jangan terlalu stress. Boleh lah diselingi main-main. Karna kalo Anda bekerja under pressure khawatir hasilnya kurang optimal. Tp jangan terlalu santai yaaa, nanti kebablasan.

3. Belajar dr pengalaman. Pengalaman di sini maksudnya pengalaman teman lain yg udah sidang. Tanya ke mereka point apa yg sering ditanyakan. Sukur-sukur kalo ada yg pengujinya sama, jd bisa dpt gambaran kan.. :)

4. Buat slide presentasi yg baik. Slide yg baik itu kaya’ gimana? Menurut pengalaman saya, slide yg baik itu:
  • Jangan terlalu panjang, secukupnya aja. Karna kalo terlalu panjang, Anda g disediain waktu 24 jam utk presentasi! Selain itu penguji jg bisa bosen liat Anda berdiri di dpn terus. Hehehe.. Gimana caranya biar g panjang? Tulis poin-poinnya aja. Anda boleh punya catatan kecil utk penjelasan poin-poin itu.
  • Saya percaya laah kalo Anda g gaptek-gaptek bgt. Sekedar utk bikin slide Power Point beranimasi Anda harus bisa. Pilih background presentasi yg g terlalu rame, karna bisa ganggu fokus penguji. Kalo background slidenya gelap tulisannya terang, dan sebaliknya. Animasi yg dipake jg jangan berlebihan. Oya, Anda bisa pakai ‘Smart Art’ utk mempermudah bikin bagan. Bisa didesain dlm berbagai warna jg, memperindah slide :)
5. Cek perlengkapan yg mw digunakan utk hari-H. Penting utk Anda tw peralatan apa yg disediakan. Misalnya Power Point nya edisi berapa„ jangan sampai hasil karya Anda berupa slide yg udah dibuat sebagus mungkin malah g compatible. Sia-sia sudah T.T

6. Malam sebelum Anda sidang, pastikan semua barang yg mw dibawa utk sidang besok udah lengkap. Cepat masukin ke dlm tas biar g lupa! Tidur jangan terlalu malam, Anda perlu istirahat yg cukup utk mengoptimalkan kerja otak besoknya :p

7. G usah tegang berlebihan (kalo saya bilang g usah tegang, g mungkin! :p ). Sidang itu g sekejam SOOCA ternyata (khusus anak FK). Kalo Anda terlalu tegang, takutnya semua yg udah terekam baik di kepala menguap begitu aja. Yakin aja kalau Anda udah berusaha semaksimal mungkin & banyak orang yg mendoakan Anda. Do the best and let God do the rest! :)

8. Masuk ruang sidang, bersopan santun lah! Ketok pintu dulu, ucapin salam, pasang senyum manis, dan g perlu sok memelas. Hehehe.. Seketika setelah kedua kaki Anda menginjak ruang sidang, Anda akan lupa semua ketegangan. Yg ada di pikiran Anda cuma gimana menyampaikan presentasi sebaik mungkin dlm waktu yg udah ditentukan.


Segini aja tips dr saya. Saya bukan orang yg ahli presentasi. Tp cukup lah dilatih 4 tahun di FK utk presentasi learning issue setiap minggunya :p

Semoga bermanfaat yaaa.. Senang bisa berbagi :)

0 comments:

Post a Comment